DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ....................................................................................................................... i
DAFTAR
ISI ..................................................................................................................................... ii
PETA
KEDUDUKAN BAHAN AJAR ............................................................................................. iii
BAB
I – SISTEM KOMPUTER MINIMAL ..................................................................................... 1
1.1. Pengertian
Komputer Terapan Jaringan .................................................................................
1.2. Bagan
Sistem Komputer Minimal...........................................................................................
1.3. Macam
dan Jenis Mikrokontroler Populer .............................................................................
1.4. Fungsi
Tiap Bagian Bagan Sistem Komputer Minimal ............................................................
1.5. Macam
dan Jenis Komputer Terapan Jaringan, berdasar-kan: Fungsi Alat, Alat Koneksi, Ukuran
BAB
II – KINERJA KOMPUTER TERAPAN JARINGAN .............................................................
2.1. Fungsi
Spesifik Piranti Pendukung Jaringan Komunikasi Data ................................................
2.2. Piranti
Penyimpanan dan Penedia Data ..................................................................................
2.3. Kartu
Antar Muka Jaringan ..................................................................................................
2.4. Konsentrator
Ethernet (bridge dan switch) ............................................................................
2.5. Router
..................................................................................................................................
2.6. Printer
Server .......................................................................................................................
2.7. Titik
Akses Nirkabel ............................................................................................................
BAB
III – PERIPHERAL-PERIPHERAL JARINGAN PADA KOMPUTER MINIMAL .................
3.1. Universal
Asynchronous Receiver Transmitter (UART)..........................................................
3.2. Universal
Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter (SUART) ...................................
3.3. Serial
Peripheral Interface (SPI) ............................................................................................
3.4. Serial
Communication Interface (SCI) ...................................................................................
BAB IV – INTERAKSI SERVER-KLIEN ........................................................................................
4.1.
Interaksi
Server – Klien (Protokol TCP dan UDP, Penomoran Port TCP/IP).........................
4.2.
Protocol
Aplikasi dan Layanan – Layanan (Server DNS, Web, FTP, Email, IM, Voice) ........
4.3.
Pemodelan
Lapisan dan Protokol (Model OSI) .....................................................................
BAB V – INTERNET DAN STANDAR-STANDAR .......................................................................
5.1.
ISP dan
Layanan-Layanannya ..............................................................................................
5.2.
Layanan
Internet ke Pengguna Akhir .....................................................................................
5.3.
Hirarki
Internet .....................................................................................................................
5.4.
Persyaratan-Persyaratan
Sebuah ISP ....................................................................................
5.5.
Peran dan
Tanggung Jawab Pada ISP ...................................................................................
BAB VI – HELP DESK .....................................................................................................................
6.1.
Pekerjaan
Teknisi Meja Bantuan (Help Desk) .......................................................................
6.2.
Organisasi
Meja Bantuan (Help Desk) Pada ISP ...................................................................
6.3.
Peran Teknisi
ISP .................................................................................................................
6.4.
Interaksi
Dengan Konsumen .................................................................................................
6.5.
Protocol dan
Teknologi Model OSI ......................................................................................
BAB VII – PERENCANAAN JARINGAN ......................................................................................
7.1.
Pendokumentasian
Jaringan yang Ada ...................................................................................
7.2.
Survey
Lapangan ..................................................................................................................
7.3.
Topologi
Fisik dan Logic ......................................................................................................
7.4.
Dokumentasi
Kebutuhan Jaringan .........................................................................................
7.5.
Perancangan
Perencanaan Jaringan .......................................................................................
7.6.
Perencanaan
Kabel Secara Terstruktur .................................................................................
7.7.
Peralatan LAN
.....................................................................................................................
7.8.
Peralatan
Antar Jaringan .......................................................................................................
BAB VIII – STRUKTUR PENGALAMATAN .................................................................................
8.1.
Penerapan
Pengalamatan IP Pada LAN ................................................................................
8.2.
Subnetting
Pada Jaringan ......................................................................................................
8.3.
VLSM dan CIDR
(Classless Inter-Domain Routing) .............................................................
8.4.
NAT dan PAT .....................................................................................................................
8.5.
Dasar Network
Address Translation (NAT) .........................................................................
8.6.
Terminology
IP NAT ............................................................................................................
8.7.
NAT Static
dan Dinamik ......................................................................................................
BAB IX – KONFIGURASI PERALATAN-PERALATAN ...............................................................
9.1.
Instalasi
Konfigurasi Router ISR ...........................................................................................
9.2.
Setup Fisik
Pada ISR ...........................................................................................................
9.3.
Konfigurasi
SDM Express ....................................................................................................
9.4.
Konfigurasi
Koneksi WAN Menggunakan SDM Express ......................................................
9.5.
Konfigurasi
NAT Menggunakan SDM ..................................................................................
9.6.
Konfigurasi
Router Menggunakan SDM ................................................................................
9.7.
Konfigurasi
Default Route .....................................................................................................
9.8.
Konfigurasi
Layanan DHCP .................................................................................................
9.9.
Konfigurasi
NAT Dengan CLI ..............................................................................................
9.10. Back-up Konfigurasi Router .................................................................................................
9.11. Hubungan CPE ke ISP .........................................................................................................
9.12. Konfigurasi Koneksi WAN ..................................................................................................
BAB X – DASAR-DASAR ROUTING .............................................................................................
10.1. Protocol Routing Interior Umum ...........................................................................................
10.2. Pengaturan Routing Dalam Sebuah Jaringan Organisasi ..........................................................
10.3. Konfigurasi dan Verifikasi RIP ..............................................................................................
10.4. Protocol Routing Eksterior ....................................................................................................
10.5. Protocol Routing Eksterior Yang Ada Pada ISP ....................................................................
10.6. Konfigurasi dan Verifikasi BGP ............................................................................................
BAB XI – RELIABILITAS LAYANAN-LAYANAN SUATU ISP ..................................................
BAB I
SISTEM KOMPUTER MINIMAL
1.1.
Pengertian
Komputer Minimal
Kita
artikan dahulu setiap kata:
·
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu
sendiri.(http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer)
·
Terapan
atau bisa di bilang ilmu terapan
adalah penerapan pengetahuan dari satu atau lebih bidang-bidang: matematika,
fisika atau ilmu alam, ilmu kimia atau ilmu biologi untuk penyelesaian masalah
praktis yang langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari
(http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_terapan)
Menurut
dua arti kata di atas maka dapat kita simpulkan pengertian dari komputer terpan
jaringan adalah penerapan dari ilmu komputer dan jaringan yang digunakan untuk
penyelesaian masalah praktis yang langsung mempengaruhi dan dipakai dalam
kehidupan sehari-hari.
Sebagai
contoh adalah komputer digunakan untuk mengontrol peralatan listrik di rumah,
sehingga peralatan-peralatan listrik, misalnya lampu dapat menyala dan mati
secara otomatis.
1.2.
Bagan
Sistem Komputer Minimal
Gambar
di atas adalah contoh bagan komputer minimal atau dasar komputer. Konsep awal
terciptanya komputer adalah sebagai alat hitung. Istilah komputer diambil dari
bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa inggris to
compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung.
Secara
umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara
koordinasi dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa
data yang diproses didalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi.
Untuk
lebih memahami konsep komputer anda bisa perhatikan struktur organisasi
komputer disamping dan berikut penjelasannya tentang fungsi tiap bagian bagan
sistem komputer minimal. :
1. Input
Device (Alat Masukan)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer
2. Output
Device (Alat Keluaran)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O
Ports
Bagian
ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan
input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU
(Central Processing Unit)
CPU
merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional,
yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori
terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori
internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan
program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu
memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat
komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data
Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini.
Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address
Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada
jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address
bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control
Bus
Control
Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address
Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.
1.3.
Macam
dan Jenis Mikrokontroler Populer
a). AVR
Mikrokonktroler
Alv and Vegard’s Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan
mikrokonktroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya
dikemas dalam satu siklus clock. AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling
sering dipakai dalam bidang elektronika dan instrumentasi.
Secara
umum, AVR dapat dikelompokkan dalam 4 kelas. Pada dasarnya yang membedakan
masing-masing kelas adalah memori, peripheral dan fungsinya. Keempat kelas
tersebut adalah keluarga ATTiny, keluarga AT90Sxx, keluarga ATMega dan
AT86RFxx.
b). MCS-51
Mikrokonktroler
ini termasuk dalam keluarga mikrokonktroler CISC. Sebagian besar instruksinya
dieksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokontroler ini berdasarkan arsitektur
Harvard dan meskipun awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokontroler chip
tunggal, sebuah mode perluasan telah mengizinkan sebuah ROM luar 64KB dan RAM
luar 64KB diberikan alamat dengan cara jalur pemilihan chip yang terpisah untuk
akses program dan memori data.
Salah
satu kemampuan dari mikrokontroler 8051 adalah pemasukan sebuah mesin pemroses
boolean yang mengijikan operasi logika boolean tingkatan-bit dapat dilakukan
secara langsung dan secara efisien dalam register internal dan RAM. Karena
itulah MCS51 digunakan dalam rancangan awal PLC (programmable Logic Control).
c). PIC
Pada
awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller.
Tetapi pada perkembangannya berubah menjadi Programmable Intelligent Computer.
PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh
Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General
Instruments dengan nama PIC1640. Sekarang Microhip telah mengumumkan pembuatan
PIC-nya yang keenam.
d). ARM
ARM
adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32bit RISC (Reduced
Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan
singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan
kepanjangan Acorn RISC Machine). Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan untuk
PC (Personal Computer) oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86
prosesor Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Computers bangkrut.
1.4.
Fungsi
Tiap Bagian Bagan Sistem Komputer Minimal
a).
Pemroses (processor)
-
Berfungsi mengendalikan
operasi komputer & melakukan fungsi pemrosesan data.
b).
Memori utama
-
Berfungsi menyimpan
data & program
-
Biasanya volatile :
tidak dapat mempertahankan data & program yang disimpan bila sumber daya energi (listrik)
dihentikan.
c).
Perangkat masukan dan
keluaran
-
Berfungsi memindahkan
data antara komputer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat penyimpan
sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb
d).
Interkoneksi
antarkomponen (bus)
-
Adalah struktur &
mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, & perangkat
masukan/keluaran.
1.5.
Macam
dan Jenis Komputer Terapan Jaringan, berdasar-kan: Fungsi Alat, Alat Koneksi, Ukuran
a).
Jenis komputer terapan
jaringan berdasarkan fungsi alat :
1.
Jaringan
nirkabel(Wi-Fi)
Wireless
adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi
dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini
teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat
dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula
teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.
Wireless
LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk
melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain
tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk
menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4
GHz.
Kelebihan
dan Kekurangan Wirelles :
Kelebihan :
·
Pemeliharaan murah
·
Infrastruktur
berdimensi kecil
·
Pembangunan cepat
·
Mudah dan murah untuk
direlokasi dan mendukung portabilitas
·
Koneksi internet akses
24 jam
·
Akses internet yang
cepat
·
Bebas tanpa pulsa
telepon
·
Ramah
lingkungan10.Memungkinkan menjangkau tempat yang sulit secara geografis
Kekurangan :
·
Biaya peralatan mahal
·
Delay yang sangat besar
·
Kesulitan karena
masalah propagasi radio
·
Keamanan data
·
Kapasitas jaringan
karena keterbatasan spektrum
·
Rentan terhadap noice
2.
Jaringan Berkabel
(Wired Network)
Wire
Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai
mediapenghantar. Jadi, data mengalir pada kabel. Kabel yang umum digunakan pada
jaringankomputer biasanya menggunakan bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain
yang menggunakanbahan sejenis fiber optic atau serat optik. Biasanya bahan
tembaga banyak digunakan pada LAN
Kelebihan
dan Kekurangan jaringan Berkabel :
Kelebihan:
·
Tidak rentan terhadap
penyadapan data dibanding teknologi wireless.
·
Dengan Kabel, kecepatan
yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke atas).
Kekurangan :
·
Attenuasi meningkat
pada frekuensi tinggi.
·
Pada frekuensi tinggi,
keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya
acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea
b).
Jenis Komputer Jaringan
Berdasarkan Alat Koneksi :
-
Client-Server
Client-Server
adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang
menggunakan GUI) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau
informasi dari server. Sistem client server didefinisikan sebagai sistem
terdistribusi
-
Peer to Peer
Peer
To Peer adalah jaringan komputer dimana
setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem
terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client
sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran
resource antara dua komputer secara langsung (real time).
-
Hybrid Network
Hybrid
Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan
Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh
sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka
teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network
Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang
terdapat dalam jaringan tersebut.
c.
Jenis Komputer Terapan Jaringan Berdasarkan Ukuran :
-
LAN
Local
Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya
hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor,
dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis
pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai
kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
Selain
teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga
sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi
LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
LAN
mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.
Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.
Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.
Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
-
MAN
Metropolitan
area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan
transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti
kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan
dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini
merupakan jaringan yang tepa Metropolitan area network atau disingkat dengan
MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi,
yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan,
dan sebagainya.
Jaringan
MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga
50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar
kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang
berada dalam jangkauannya.
-
WAN
WAN
adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide
Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai
contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau
dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan
saluran komunikasi publik.
WAN
digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal
yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat
berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
-
Internet
Internet
dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
BAB II
KINERJA KOMPUTER TERAPAN JARINGAN
2.1.
Fungsi
Spesifik Piranti Pendukung Jaringan Komunikasi Data
Piranti pendukung jaringan komunikasi
data ada banyak kita jumpai, namun dalam garis besarnya dibagi menjadi 2
bagian, yaitu hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras yang
digunakan pengguna komputer untuk dapat mengunakan internet. Sedangkan software
adalah perangkat lunak yang mendukung agar komputer mampu melakukan akses
internet. Macam – macam hardware yaitu : Komputer Server, Modem, Network
Interface Card, WiFi, dll. sedangkan Macam – macam software yaitu : Sistem
Operasi, Browser, Driver, dll.
Hardware Pendukung Jaringan Internet
1. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator
DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam
sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator
adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan)
dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat
diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem
adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh
dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT,
Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal
sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal
digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal
analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti
telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog
tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem
internal.
Modem merupakan perangkat perantara
antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP
(Internet Service Provider – penyedia jasa internet) anda.Kabel modem adalah
alat yang memberikan akses berkecepatan tinggi ke internet melalui jaringan
kabel televisi. Sama halnya dengan respon dari modem analog tradisional, kabel
modem memiliki keunggulan mempunyai kekuatan yang lebih, mampu mengirimkan data
lebih cepat kira-kira 500 kali.
2. HUB
Hub adalah salah satu perangkat dalam
Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan.
Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.
Dengan adanya hub, maka CSMA/CD yang
bertugas untuk mensharing medium (kabel, udara, fiber, dll) agar semua bisa
terkoneksi dapat berjalan dengan baik. Hub bertugas mengkoneksikan setiap node
agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.
3. Router
Router adalah sebuah alat jaringan
komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet
menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses
routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol)
dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Router berfungsi sebagai penghubung
antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke
jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung
beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
4. Kartu Jaringan (NIC)
Kartu jaringan (Inggris: network
interface card disingkat NIC atau juganetwork card) adalah sebuah kartu yang
berfungsi sebagai jembatan darikomputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC
yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC
yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token
Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter
dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC
diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat
statis atau dapat diubah oleh pengguna.
NIC fisik umumnya berupa kartu yang
dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat
berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI,bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.
Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga
dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus
serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi
pengguna yang mobile).
Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua
jenis, yakni:
Kartu NIC dengan media jaringan yang
spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis
berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang
dapat berupaTwisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan
tanpa kabel (Wireless Ethernet).
Kartu NIC dengan arsitektur jaringan
yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi
beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya
adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface),
yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat
berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10
Gigabit/detik.
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran
data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat
ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain
adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel
fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).
Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC
dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct
Memory Access (DMA), ataumemory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data
paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam
memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda,
sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan
frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak
dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan
kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa
elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang
dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika
menggunakan radio/jaringan tanpa kabel).
NIC yang berada dalam pihak penerima
akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah
sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan
mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer
penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung,
diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan
dalam sistem operasi.
NIC LogisNIC logis merupakan jenis NIC
yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang
diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah
sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam
sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem
operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo)
dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam
sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik
emulasi.
Software Pendukung Jaringan Internet
Sistem operasi
Sistem operasi jaringan (Inggris:
network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan
untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak
layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan
berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP
Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an
hingga awal dekade 1990-an.Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai
adalah sebagai berikut:
Microsoft MS-NET
Microsoft LAN Manager
Novell NetWare
Microsoft Windows NT Server
GNU/Linux
Banyan VINES
Beberapa varian UNIX, seperti SCO
OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris
Web browser
Internet Explorer (IE)
Versi : Versi 5.0, Versi 5.5, Versi 6.0,
Versi 7.0, Versi 8,0, IE8 Beta, IE Tester
Vendor : Microsoft
Engine : Trident
Internet Explorer adalah sebuah browser
web proprieter yang gratis dari Microsoft dan merupakan browser web yang paling
banyak digunakan. Kelemahan utama IE adalah pada masalah security (tidak aman).
Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload
secara otomatis dan dipasang untuk meng-update browsernya. Dari segi
stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka
banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.
Mozilla Firefox
Versi : Mozilla 1.4, Mozilla 1.4.1,
Mozilla 1.5 Alpha, Mozilla 1.5 Beta, Mozilla 1.5 RC1, Mozilla 1.5 RC2, Mozilla
1.5, Mozilla 1.8 Alpha 5, Mozilla 1.5.1, Mozilla 1.6 Alpha, Mozilla 1.6 Beta,
Mozilla 1.6, Mozilla 1.7 Alpha, Mozilla 1.7 Beta, Mozilla 1.7 RC1, Mozilla 1.7
RC2, Mozilla 1.7 RC3, Mozilla 1.7, Mozilla 1.7.1, Mozilla 1.7.2, Mozilla 1.7.3,
Mozilla 1.8 Alpha 1, Mozilla 1.8 Alpha 2, Mozilla 1.8 Alpha 3, Mozilla 1.8
Alpha 4,
Vendor : Mozilla Corporation
Engine : Gecko
Firefox dari Mozilla Corporation adalah
freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah
dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Firefox memiliki semacam tabs untuk
menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka
banyak jendela. Mesin pencari terkenal seperti Google juga telah “digunakan”
oleh Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer,
sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan
ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Browser juga dapat langsung
dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Selain cepat, fitur
keamanan Firefox lebih andal dibandingkan IE. Setting browser internet pun bisa
diatur dengan lebih leluasa.
Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan
pengguna untuk mengubah tampilan browser. Pengguna dapat mengustomisasi Firefox
secara spesifik. Seperti membuka e-mail saat browser diaktifkan dan memblok
seluruh iklan pop up.
Opera
Versi : Versi 5.0, versi 6.0, versi 7.0,
Opera 9.5, Alpha Opera 10
Vendor : Opera Software yang terletak di
Oslo Norwegia
Engine : Carakan
Kelebihan utama browser Opera adalah
mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang
sama dibanding browser lain. Kelebihan lain browser Opera adalah terdapat tabs
yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak
jendela. Opera juga menyertakan penyaring pop up untuk menangkal iklan pop up
yang menjengkelkan. Fitur lain, seperti mesin pencari Google yang sudah
built-in dan penghitung waktu yang diperlukan hingga halaman web membuka
sempurna. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk
mMicrosoft Windows, Mac OS X , Solaris,Free BSD dan Linux.
Selain dalam bentuk browser web, Opera
juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau
PDA.
Google Chrome
Versi : Beta untuk Windows XP/Vista
Vendor : Google
Engine : Webkit
Google melancarkan web browser dengan
meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan
baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan
aplikasi berbasis web.
Lunascape
Versi : versi 5, Lunascape 5 Alpha yang
hanya berbasis Windows
Vendor : Lunascape Corp., sebuah
perusahaan software yang berpusat di Tokyo
Engine : Gecko, Trident, Webkit
Lunascape, sebuah browser baru yang
mampu menangani tiga redenring engine terbesar, yakni Firefox Gecko, Internet
Explorer Trident dan WebKit, yang bisa digunakan di Safari dan Chrome.
Lunascape 5 merupakan alternative browser bagi user yang ingin menggunakan
Firefox, namun tetap memakai Internet Explorer sebagai browser kedua, ketika
Firefox yang mereka gunakan mengalami masalah, sebagai contoh untuk halaman web
yang hanya support dengan IE. Kini telah hadir Lunascape 5 Alpha yang hanya
berbasis Windows dan akan menjadi browser berbahasa Inggris pertama, setelah
bahasa Jepang yang dimulai tahun 2001. Namun, sayangnya Lunascape 5 versi alpha
ini belum support dengan add-on Firefox, walaupun untuk IE sudah cukup support.
Browser ini juga belum bisa secara otomatis menunjukkan engine mana yang
terbaik untuk web page, sebuah fitur yang mungkin baru terlaksana di versi
berikutnya.
Safari
Versi : Safari 3, Safari 4 Beta
Vendor : Apple
Engine : Webkit
Safary adalah browser milik Apple. Apple
memasang Nitro Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah
mesin JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan
JavaScript pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat. Kecepatannya
melesat dibandingkan Internet Explorer dan tiga kali lebih cepat dibandingkan
browser Mozilla, Firefox 3. Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan performa
HTML (HyperText Markup Language) di browser ini sehingga kemampuan membuka
halamannya tiga kali lebih cepat dibanding Internet Explorer 7 maupun Firefox.
Satu-satunya yang mampu mengejar Safari 4 Beta adalah Chrome 1.0. Browser yang
dikembangkan ini, meski masih lebih lambat dari Safari 4 tetapi menunjukkan
hasil yang tidak terlalu jauh jaraknya.
Dari sekian banyak browser, ada beberapa
kemiripan fungsi dan fasilitas yang diberikan. Diantaranya adalah :
· Umumnya tiap browser menyediakan
fasilitas “Address” yang berfungsi untuk mengetikkan alamat situs yang akan
kita akses.
· Umumnya mempunyai tombol-tombol :
“Back” / “Previous” berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” /
“Next” berfungsi untuk maju ke ke halaman berikut yang sudah pernah diakses
sebelumnya, “Refresh” / “Reload” berfungsi untuk mencoba ulang akses ke salah
satu websit yang kita tuju, tombol “Stop” berfungsi untuk memberhentikan proses
“loading” ketika membuka sebuah website.
2.2.
Piranti
Penyimpanan dan Penyedia Data
Berikut adalah perangkat penyimpan dan
penyedia data yang digunakan pada komputer
1. Hard disk
Hard disk merupkan alat penyimpanan data
sekunder yang kapasitasnya cukup besar. Selain memiiki kapasitas yang
bervariasi harddisk juga memiliki interface yang berbeda sesuai teknologi yang
diusungnya. Dalam computer desktop saat ini harddisk memiliki fungsi utama
untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada.
Namun juga ada hard disk eksternal yang
fungsinya untuk menyimpan data tetapi lebih portable karena menggunakan
interface USB.
2. Flashdisk
Flasdisk merupakan media penyimpan data
paling popular dalam hal mobilitas karena karena ukurannya yang kecil. Selain
untuk menyimpan data penting saat ini Flashdisk juga berfungsi sebagai alat
bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan
dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk
menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.
3. Floppy Disk
Floppy disk adalah alat penyimpanan yang
berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya
penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. Dengan kapasitas sebesar itu tentunya
dalam fungsionalitas sebagai penyimpan data portable pada masanya floppy disk
hanya cukup menampung beberapa file saja. Disket juga berfungsi sebagai media
untuk menjalankan OS DOS.
4. CD
CD adalah sebuah media penyimpanan
optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm
dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada
piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar
750 MB.
kebebanyakan digunakan untuk menyimpan
data berupa music, gambar, dan video.
5. DVD
DVD merupakan media penyimpanan optical
setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada
umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya
media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama
seperti CD.
6. Blue Ray
Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi
selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan
DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.
Bluray dipasaran kebanyakan digunakan
untuk penyimpanan film/video.
7. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent merupakan yang saat ini
menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas
penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa
disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan
atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data
alias Multilayer.
FM Disk berfungsi untuk menyimpan
berbagai data termasuk file dokumen.
8. RAM
RAM adalah memori yang berfungsi untuk
menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan.
Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data
yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil
pemrosesan sebuah program.
9. Cache Memory
Cache Memory merupakan media penyimpanan
data sekunder berkecepatan tinggi, dimana tempat menyimpan data atau informasi
sementara yang sering digunakan atau diakses oleh komputer.
Fungsi Cache Memory
- Mempercepat Akses data pada komputer
- Meringankan kerja prosessor
- Menjembatani perbedaan kecepatan
antara cpu dan memory utama.
- Mempercepat kinerja memory
10. ROM
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh
sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam
pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh
pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu
perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.
2.3.
Kartu
Antar Muka Jaringan
Jenis-jenis
kartu jaringan:
1.
PCI Adapter
2.
USB Adapter
3.
CardBus /PCMCIA
4.
ExpressCard
5.
PCI Express USB 3.0
Adapter
2.4.
Konsentrator
Ethernet (bridge dan switch)
Konsentrator
adalah perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan dari setiap
workstation , server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer. Jenis –
jenis konsentrator yang umumnya digunakan adalah :
·
Hub atau Repeater
·
Switch
·
Bridge
·
Router
Hub atau Repeater adalah perangkat
jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data dijaringan,
setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port
yang ada sehingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi
collisions dan memperlambat jaringan.
Switch adalah Sebuah perangkat keras
yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam
jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga
packet data dapat langsung sampai ke tujuan. Kelebihan switch dibandingkan
dengan hub/repeater adalah dalam hal manajemen data lebih baik dari hub.
Bridge adalah jenis konsentrator yang
berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan transmisi berbeda.
misalnya jaringan ethernet baseband dengan jaringan ethernet broadband. Bridge
juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda
ataupun topologi yang berbeda. bridge juga dapat mengetahui alamat setiap
client yang terhubung pada jaringan.
Router adalah jenis konsentrator yang
dikhusus kan untuk menangani koneksi antar dua atau lebih jaringan yang
terhubung melalui packet switching. router bekerja dengan melihat alamat asal
dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya dan memutuskan rute yang akan
dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan.
2.5.
Router
Router adalah
perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik
network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan
network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.
Fungsi utama
Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan
Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan
informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu
network ataukah berada di network yang berbeda.
Skema Cara kerja
router:
Pada gambar
diatas terdapat 2 buah network yang terhubung dengan sebuah router. Network
sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat network
192.168.1.0 dan network sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router dengan
network address 192.155.2.0
Komputer A
mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke
network lain.
Begitu pula
ketika komputer F mengirim data ke E, router tidak akan meneruskan paket data
ke network lain.
Barulah ketika
komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket
data tersebut ke komputer B.
2.6.
Printer
Server
2.7.
Titik
Akses Nirkabel
Titik akses nirkabel (bahasa Inggris:
wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti
nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth,
atau standar lain. WAP biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel)
sehingga dapat meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel (seperti
komputer atau pencetak) dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang
diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan sebagian besar menggunakan IEEE
802.11.