Tuesday 15 March 2016

Komputer Terapan Jaringan (TKJ)



DAFTAR ISI                                                                                                                                              

KATA PENGANTAR .......................................................................................................................          i
DAFTAR ISI .....................................................................................................................................         ii
PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR .............................................................................................        iii
BAB I – SISTEM KOMPUTER MINIMAL .....................................................................................         1
1.1.     Pengertian Komputer Terapan Jaringan .................................................................................          
1.2.     Bagan Sistem Komputer Minimal...........................................................................................          
1.3.     Macam dan Jenis Mikrokontroler Populer .............................................................................          
1.4.     Fungsi Tiap Bagian Bagan Sistem Komputer Minimal ............................................................          
1.5.     Macam dan Jenis Komputer Terapan Jaringan, berdasar-kan: Fungsi Alat, Alat Koneksi, Ukuran   
BAB II – KINERJA KOMPUTER TERAPAN JARINGAN .............................................................          
2.1.     Fungsi Spesifik Piranti Pendukung Jaringan Komunikasi Data ................................................          
2.2.     Piranti Penyimpanan dan Penedia Data ..................................................................................          
2.3.     Kartu Antar Muka Jaringan ..................................................................................................          
2.4.     Konsentrator Ethernet (bridge dan switch) ............................................................................          
2.5.     Router ..................................................................................................................................          
2.6.     Printer Server .......................................................................................................................          
2.7.     Titik Akses Nirkabel ............................................................................................................          
BAB III – PERIPHERAL-PERIPHERAL JARINGAN PADA KOMPUTER MINIMAL .................          
3.1.     Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART)..........................................................          
3.2.     Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter (SUART) ...................................          
3.3.     Serial Peripheral Interface (SPI) ............................................................................................          
3.4.     Serial Communication Interface (SCI) ...................................................................................          
BAB IV – INTERAKSI SERVER-KLIEN ........................................................................................          
4.1.     Interaksi Server – Klien (Protokol TCP dan UDP, Penomoran Port TCP/IP).........................
4.2.     Protocol Aplikasi dan Layanan – Layanan (Server DNS, Web, FTP, Email, IM, Voice) ........          
4.3.     Pemodelan Lapisan dan Protokol (Model OSI) .....................................................................          
BAB V – INTERNET DAN STANDAR-STANDAR .......................................................................          
5.1.     ISP dan Layanan-Layanannya ..............................................................................................          
5.2.     Layanan Internet ke Pengguna Akhir .....................................................................................          
5.3.     Hirarki Internet .....................................................................................................................          
5.4.     Persyaratan-Persyaratan Sebuah ISP ....................................................................................          
5.5.     Peran dan Tanggung Jawab Pada ISP ...................................................................................          
BAB VI – HELP DESK .....................................................................................................................          
6.1.     Pekerjaan Teknisi Meja Bantuan (Help Desk) .......................................................................          
6.2.     Organisasi Meja Bantuan (Help Desk) Pada ISP ...................................................................          
6.3.     Peran Teknisi ISP .................................................................................................................          
6.4.     Interaksi Dengan Konsumen .................................................................................................          
6.5.     Protocol dan Teknologi Model OSI ......................................................................................          
BAB VII – PERENCANAAN JARINGAN ......................................................................................          
7.1.     Pendokumentasian Jaringan yang Ada ...................................................................................          
7.2.     Survey Lapangan ..................................................................................................................          
7.3.     Topologi Fisik dan Logic ......................................................................................................          
7.4.     Dokumentasi Kebutuhan Jaringan .........................................................................................          
7.5.     Perancangan Perencanaan Jaringan .......................................................................................          
7.6.     Perencanaan Kabel Secara Terstruktur .................................................................................          
7.7.     Peralatan LAN .....................................................................................................................          
7.8.     Peralatan Antar Jaringan .......................................................................................................          
BAB VIII – STRUKTUR PENGALAMATAN .................................................................................          
8.1.       Penerapan Pengalamatan IP Pada LAN ................................................................................          
8.2.       Subnetting Pada Jaringan ......................................................................................................          
8.3.       VLSM dan CIDR (Classless Inter-Domain Routing) .............................................................          
8.4.       NAT dan PAT .....................................................................................................................          
8.5.       Dasar Network Address Translation (NAT) .........................................................................          
8.6.       Terminology IP NAT ............................................................................................................          
8.7.       NAT Static dan Dinamik ......................................................................................................          
BAB IX – KONFIGURASI PERALATAN-PERALATAN ...............................................................          
9.1.       Instalasi Konfigurasi Router ISR ...........................................................................................          
9.2.       Setup Fisik Pada ISR ...........................................................................................................          
9.3.       Konfigurasi SDM Express ....................................................................................................          
9.4.       Konfigurasi Koneksi WAN Menggunakan SDM Express ......................................................          
9.5.       Konfigurasi NAT Menggunakan SDM ..................................................................................          
9.6.       Konfigurasi Router Menggunakan SDM ................................................................................          
9.7.       Konfigurasi Default Route .....................................................................................................          
9.8.       Konfigurasi Layanan DHCP .................................................................................................          
9.9.       Konfigurasi NAT Dengan CLI ..............................................................................................          
9.10.   Back-up Konfigurasi Router .................................................................................................          
9.11.   Hubungan CPE ke ISP .........................................................................................................          
9.12.   Konfigurasi Koneksi WAN ..................................................................................................          
BAB X – DASAR-DASAR ROUTING .............................................................................................          
10.1.   Protocol Routing Interior Umum ...........................................................................................          
10.2.   Pengaturan Routing Dalam Sebuah Jaringan Organisasi ..........................................................          
10.3.   Konfigurasi dan Verifikasi RIP ..............................................................................................          
10.4.   Protocol Routing Eksterior ....................................................................................................          
10.5.   Protocol Routing Eksterior Yang Ada Pada ISP ....................................................................          
10.6.   Konfigurasi dan Verifikasi BGP ............................................................................................          
BAB XI – RELIABILITAS LAYANAN-LAYANAN SUATU ISP ..................................................          




BAB I
SISTEM KOMPUTER MINIMAL

1.1.  Pengertian Komputer Minimal
Kita artikan dahulu setiap kata:
·        Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.(http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer)
·        Terapan atau bisa di bilang ilmu terapan adalah penerapan pengetahuan dari satu atau lebih bidang-bidang: matematika, fisika atau ilmu alam, ilmu kimia atau ilmu biologi untuk penyelesaian masalah praktis yang langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari (http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_terapan)
Menurut dua arti kata di atas maka dapat kita simpulkan pengertian dari komputer terpan jaringan adalah penerapan dari ilmu komputer dan jaringan yang digunakan untuk penyelesaian masalah praktis yang langsung mempengaruhi dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai contoh adalah komputer digunakan untuk mengontrol peralatan listrik di rumah, sehingga peralatan-peralatan listrik, misalnya lampu dapat menyala dan mati secara otomatis.

1.2.  Bagan Sistem Komputer Minimal
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpZRg4CW_xwz2vDIDaVOBK6MdLostvMfNOOkey9HQ0UZu3pK81EmXkhClHux79UU8w1d-ZuV_h1-rYOcHM9YPuHK9IE_DbiVdKCEcrbTVHo6JfmxxcX0Rpfj5l4mVfEGMdl1cZkfW6eFU/s1600/Bagan+Komputer+Minimal.jpg 
Gambar di atas adalah contoh bagan komputer minimal atau dasar komputer. Konsep awal terciptanya komputer adalah sebagai alat hitung. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, jika dalam bahasa inggris to compute, yang artinya juga sama yaitu menghitung.
Secara umum komputer dapat diartikan sebagai alat elektronika yang bekerja secara koordinasi dan integrasi berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data yang diproses didalam suatu sistem dan dikeluarkan dalam bentuk informasi.
Untuk lebih memahami konsep komputer anda bisa perhatikan struktur organisasi komputer disamping dan berikut penjelasannya tentang fungsi tiap bagian bagan sistem komputer minimal. :
1.      Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2.      Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3.      I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4.      CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5.      Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6.      Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7.      Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8.      Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

1.3.  Macam dan Jenis Mikrokontroler Populer

                a).     AVR
Mikrokonktroler Alv and Vegard’s Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock. AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling sering dipakai dalam bidang elektronika dan instrumentasi.
Secara umum, AVR dapat dikelompokkan dalam 4 kelas. Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori, peripheral dan fungsinya. Keempat kelas tersebut adalah keluarga ATTiny, keluarga AT90Sxx, keluarga ATMega dan AT86RFxx.

               b).     MCS-51
Mikrokonktroler ini termasuk dalam keluarga mikrokonktroler CISC. Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokontroler ini berdasarkan arsitektur Harvard dan meskipun awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokontroler chip tunggal, sebuah mode perluasan telah mengizinkan sebuah ROM luar 64KB dan RAM luar 64KB diberikan alamat dengan cara jalur pemilihan chip yang terpisah untuk akses program dan memori data.
Salah satu kemampuan dari mikrokontroler 8051 adalah pemasukan sebuah mesin pemroses boolean yang mengijikan operasi logika boolean tingkatan-bit dapat dilakukan secara langsung dan secara efisien dalam register internal dan RAM. Karena itulah MCS51 digunakan dalam rancangan awal PLC (programmable Logic Control).

                c).     PIC
Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. Tetapi pada perkembangannya berubah menjadi Programmable Intelligent Computer. PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC1640. Sekarang Microhip telah mengumumkan pembuatan PIC-nya yang keenam.

               d).     ARM
ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32­bit RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan kepanjangan Acorn RISC Machine). Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan untuk PC (Personal Computer) oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86 prosesor­ Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Computers bangkrut.

1.4.  Fungsi Tiap Bagian Bagan Sistem Komputer Minimal

                  a).       Pemroses (processor)
-         Berfungsi mengendalikan operasi komputer & melakukan fungsi pemrosesan data.

                  b).       Memori utama
-         Berfungsi menyimpan data & program
-         Biasanya volatile : tidak dapat mempertahankan data & program yang disimpan   bila sumber daya energi (listrik) dihentikan.

                  c).       Perangkat masukan dan keluaran
-         Berfungsi memindahkan data antara komputer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb

                  d).       Interkoneksi antarkomponen (bus)
-         Adalah struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran.

1.5.  Macam dan Jenis Komputer Terapan Jaringan, berdasar-kan: Fungsi Alat, Alat Koneksi, Ukuran

             a).        Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan fungsi alat :
                              1.       Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.
Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz.
Kelebihan dan Kekurangan Wirelles :
Kelebihan :
·        Pemeliharaan murah
·        Infrastruktur berdimensi kecil
·        Pembangunan cepat
·        Mudah dan murah untuk direlokasi dan mendukung portabilitas
·        Koneksi internet akses 24 jam
·        Akses internet yang cepat
·        Bebas tanpa pulsa telepon
·        Ramah lingkungan10.Memungkinkan menjangkau tempat yang sulit secara geografis

Kekurangan :
·        Biaya peralatan mahal
·        Delay yang sangat besar
·        Kesulitan karena masalah propagasi radio
·        Keamanan data
·        Kapasitas jaringan karena keterbatasan spektrum
·        Rentan terhadap noice

                              2.       Jaringan Berkabel (Wired Network)
Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai mediapenghantar. Jadi, data mengalir pada kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringankomputer biasanya menggunakan bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakanbahan sejenis fiber optic atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN
Kelebihan dan Kekurangan jaringan Berkabel :
Kelebihan:
·        Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless.
·        Dengan Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke atas).

Kekurangan :
·        Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
·        Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea

             b).        Jenis Komputer Jaringan Berdasarkan Alat Koneksi :

- Client-Server
Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server. Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi

- Peer to Peer
Peer To Peer adalah  jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

- Hybrid Network

Hybrid Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.
c. Jenis Komputer Terapan Jaringan Berdasarkan Ukuran :

- LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

- MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepa Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.

Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

- WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

- Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.


BAB II
KINERJA KOMPUTER TERAPAN JARINGAN

2.1.       Fungsi Spesifik Piranti Pendukung Jaringan Komunikasi Data
Piranti pendukung jaringan komunikasi data ada banyak kita jumpai, namun dalam garis besarnya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras yang digunakan pengguna komputer untuk dapat mengunakan internet. Sedangkan software adalah perangkat lunak yang mendukung agar komputer mampu melakukan akses internet. Macam – macam hardware yaitu : Komputer Server, Modem, Network Interface Card, WiFi, dll. sedangkan Macam – macam software yaitu : Sistem Operasi, Browser, Driver, dll.

Hardware Pendukung Jaringan Internet
1. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.


Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.


Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.


Modem merupakan perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider – penyedia jasa internet) anda.Kabel modem adalah alat yang memberikan akses berkecepatan tinggi ke internet melalui jaringan kabel televisi. Sama halnya dengan respon dari modem analog tradisional, kabel modem memiliki keunggulan mempunyai kekuatan yang lebih, mampu mengirimkan data lebih cepat kira-kira 500 kali.

2. HUB
Hub adalah salah satu perangkat dalam Jaringan Komputer yang berguna untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Dia bekerja di level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.
Dengan adanya hub, maka CSMA/CD yang bertugas untuk mensharing medium (kabel, udara, fiber, dll) agar semua bisa terkoneksi dapat berjalan dengan baik. Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.

3. Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

4. Kartu Jaringan (NIC)
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juganetwork card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan darikomputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI,bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupaTwisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).

Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.

Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).

Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), ataumemory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel).


NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.


NIC LogisNIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.

Software Pendukung Jaringan Internet

Sistem operasi

Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:

Microsoft MS-NET
Microsoft LAN Manager
Novell NetWare
Microsoft Windows NT Server
GNU/Linux
Banyan VINES
Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris
Web browser


Internet Explorer (IE)

Versi : Versi 5.0, Versi 5.5, Versi 6.0, Versi 7.0, Versi 8,0, IE8 Beta, IE Tester

Vendor : Microsoft

Engine : Trident
Internet Explorer adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft dan merupakan browser web yang paling banyak digunakan. Kelemahan utama IE adalah pada masalah security (tidak aman). Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload secara otomatis dan dipasang untuk meng-update browsernya. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.



Mozilla Firefox

Versi : Mozilla 1.4, Mozilla 1.4.1, Mozilla 1.5 Alpha, Mozilla 1.5 Beta, Mozilla 1.5 RC1, Mozilla 1.5 RC2, Mozilla 1.5, Mozilla 1.8 Alpha 5, Mozilla 1.5.1, Mozilla 1.6 Alpha, Mozilla 1.6 Beta, Mozilla 1.6, Mozilla 1.7 Alpha, Mozilla 1.7 Beta, Mozilla 1.7 RC1, Mozilla 1.7 RC2, Mozilla 1.7 RC3, Mozilla 1.7, Mozilla 1.7.1, Mozilla 1.7.2, Mozilla 1.7.3, Mozilla 1.8 Alpha 1, Mozilla 1.8 Alpha 2, Mozilla 1.8 Alpha 3, Mozilla 1.8 Alpha 4,

Vendor : Mozilla Corporation

Engine : Gecko

Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Firefox memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Mesin pencari terkenal seperti Google juga telah “digunakan” oleh Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Browser juga dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Selain cepat, fitur keamanan Firefox lebih andal dibandingkan IE. Setting browser internet pun bisa diatur dengan lebih leluasa.

Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan browser. Pengguna dapat mengustomisasi Firefox secara spesifik. Seperti membuka e-mail saat browser diaktifkan dan memblok seluruh iklan pop up.

Opera

Versi : Versi 5.0, versi 6.0, versi 7.0, Opera 9.5, Alpha Opera 10

Vendor : Opera Software yang terletak di Oslo Norwegia

Engine : Carakan

Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain. Kelebihan lain browser Opera adalah terdapat tabs yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Opera juga menyertakan penyaring pop up untuk menangkal iklan pop up yang menjengkelkan. Fitur lain, seperti mesin pencari Google yang sudah built-in dan penghitung waktu yang diperlukan hingga halaman web membuka sempurna. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk mMicrosoft Windows, Mac OS X , Solaris,Free BSD dan Linux.

Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.

Google Chrome

Versi : Beta untuk Windows XP/Vista

Vendor : Google

Engine : Webkit

Google melancarkan web browser dengan meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.

Lunascape

Versi : versi 5, Lunascape 5 Alpha yang hanya berbasis Windows

Vendor : Lunascape Corp., sebuah perusahaan software yang berpusat di Tokyo

Engine : Gecko, Trident, Webkit

Lunascape, sebuah browser baru yang mampu menangani tiga redenring engine terbesar, yakni Firefox Gecko, Internet Explorer Trident dan WebKit, yang bisa digunakan di Safari dan Chrome. Lunascape 5 merupakan alternative browser bagi user yang ingin menggunakan Firefox, namun tetap memakai Internet Explorer sebagai browser kedua, ketika Firefox yang mereka gunakan mengalami masalah, sebagai contoh untuk halaman web yang hanya support dengan IE. Kini telah hadir Lunascape 5 Alpha yang hanya berbasis Windows dan akan menjadi browser berbahasa Inggris pertama, setelah bahasa Jepang yang dimulai tahun 2001. Namun, sayangnya Lunascape 5 versi alpha ini belum support dengan add-on Firefox, walaupun untuk IE sudah cukup support. Browser ini juga belum bisa secara otomatis menunjukkan engine mana yang terbaik untuk web page, sebuah fitur yang mungkin baru terlaksana di versi berikutnya.

Safari

Versi : Safari 3, Safari 4 Beta

Vendor : Apple

Engine : Webkit

Safary adalah browser milik Apple. Apple memasang Nitro Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah mesin JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan JavaScript pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat. Kecepatannya melesat dibandingkan Internet Explorer dan tiga kali lebih cepat dibandingkan browser Mozilla, Firefox 3. Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan performa HTML (HyperText Markup Language) di browser ini sehingga kemampuan membuka halamannya tiga kali lebih cepat dibanding Internet Explorer 7 maupun Firefox. Satu-satunya yang mampu mengejar Safari 4 Beta adalah Chrome 1.0. Browser yang dikembangkan ini, meski masih lebih lambat dari Safari 4 tetapi menunjukkan hasil yang tidak terlalu jauh jaraknya.

Dari sekian banyak browser, ada beberapa kemiripan fungsi dan fasilitas yang diberikan. Diantaranya adalah :
· Umumnya tiap browser menyediakan fasilitas “Address” yang berfungsi untuk mengetikkan alamat situs yang akan kita akses.
· Umumnya mempunyai tombol-tombol : “Back” / “Previous” berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” / “Next” berfungsi untuk maju ke ke halaman berikut yang sudah pernah diakses sebelumnya, “Refresh” / “Reload” berfungsi untuk mencoba ulang akses ke salah satu websit yang kita tuju, tombol “Stop” berfungsi untuk memberhentikan proses “loading” ketika membuka sebuah website.

2.2.       Piranti Penyimpanan dan Penyedia Data
Berikut adalah perangkat penyimpan dan penyedia data yang digunakan pada komputer

1. Hard disk
Description: image Hard disk merupkan alat penyimpanan data sekunder yang kapasitasnya cukup besar. Selain memiiki kapasitas yang bervariasi harddisk juga memiliki interface yang berbeda sesuai teknologi yang diusungnya. Dalam computer desktop saat ini harddisk memiliki fungsi utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada.
Namun juga ada hard disk eksternal yang fungsinya untuk menyimpan data tetapi lebih portable karena menggunakan interface USB.

2. Flashdisk
Flasdisk merupakan media penyimpan data paling popular dalam hal mobilitas karena karena ukurannya yang kecil. Selain untuk menyimpan data penting saat ini Flashdisk juga berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.

3. Floppy Disk
Floppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. Dengan kapasitas sebesar itu tentunya dalam fungsionalitas sebagai penyimpan data portable pada masanya floppy disk hanya cukup menampung beberapa file saja. Disket juga berfungsi sebagai media untuk menjalankan OS DOS.
4. CD
CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB.
kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.

5. DVD
DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.

6. Blue Ray
Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.
Bluray dipasaran kebanyakan digunakan untuk penyimpanan film/video.

7. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer.
FM Disk berfungsi untuk menyimpan berbagai data termasuk file dokumen.

8. RAM
RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.

9. Cache Memory
Cache Memory merupakan media penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi, dimana tempat menyimpan data atau informasi sementara yang sering digunakan atau diakses oleh komputer.

Fungsi Cache Memory
- Mempercepat Akses data pada komputer
- Meringankan kerja prosessor
- Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama.
- Mempercepat kinerja memory
 
10. ROM
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.

2.3.       Kartu Antar Muka Jaringan               

Jenis-jenis kartu jaringan:
                    1.       PCI Adapter
                    2.       USB Adapter
                    3.       CardBus /PCMCIA
                    4.       ExpressCard
                    5.       PCI Express USB 3.0 Adapter

2.4.       Konsentrator Ethernet (bridge dan switch)    
            Konsentrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan dari setiap workstation , server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer. Jenis – jenis konsentrator yang umumnya digunakan adalah :

·        Hub atau Repeater
·        Switch
·        Bridge
·        Router
Hub atau Repeater adalah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data dijaringan, setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada sehingga packet data tersebut sampai ke tujuan.  Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan.

Switch adalah Sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan. Kelebihan switch dibandingkan dengan hub/repeater adalah dalam hal manajemen data lebih baik dari hub.

Bridge adalah jenis konsentrator yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. misalnya jaringan ethernet baseband dengan jaringan ethernet broadband. Bridge juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda. bridge juga dapat mengetahui alamat setiap client yang terhubung pada jaringan.

Router adalah jenis konsentrator yang dikhusus kan untuk menangani koneksi antar dua atau lebih jaringan yang terhubung melalui packet switching. router bekerja dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya dan memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan.
2.5.       Router  
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.

Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.        
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0QflI-SBzn6I_Z_KvnBLh7yqSb4Cqz5LvEWBLyzZnAOVBVD-6JNjKbBmdwlWEjaxcA_BAD5v2zHSf3NcnbzVB2I-yQKpY9l2fF8pHkgXyh4ceR5MNaQh0l9hkRdJs3ADV86l-lpJqOmc/s1600/cara+kerja+router.jpg
Skema Cara kerja router:
Pada gambar diatas terdapat 2 buah network yang terhubung dengan sebuah router. Network sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat network 192.168.1.0 dan network sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router dengan network address 192.155.2.0
Komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke network lain.
Begitu pula ketika komputer F mengirim data ke E, router tidak akan meneruskan paket data ke network lain.
Barulah ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket data tersebut ke komputer B.
2.6.       Printer Server              

2.7.       Titik Akses Nirkabel

Titik akses nirkabel (bahasa Inggris: wireless access point, WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain. WAP biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel) sehingga dapat meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel (seperti komputer atau pencetak) dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan sebagian besar menggunakan IEEE 802.11.
Show Comments: OR

No comments:

Post a Comment